Tiket

AKSI ARTSY #4

online
Description

Rite de Passage; Transisi 

Sepanjang tahun lalu hingga kini, berbagai perubahan telah menyentuh sendi-sendi hidup kita. Wabah yang meluas pada saatnya memaksa kita mencari alternatif interaksi. Hampir segalanya dialih-wahanakan dalam bentuk virtual, pesta pernikahan, temu kangen, belajar-mengajar, bahkan pameran dan pentas seni. New normal begitulah istilah yang sebelumnya banyak disebut untuk mengatakan kegiatan di luar kebiasaan itu sebagai kenormalan yang baru. 

Demi menandai peralihan dari fase lama ke fase selanjutnya itulah, maka Rite de Passage atau “Upacara Peralihan” dipilih menjadi tajuk pameran. Penggunaan istilah rite de passage, atau rite of passage dalam bahasa Inggris, umumnya digunakan di lingkup keilmuan sejarah dan antropologi. Dalam pameran ini, peminjaman istilah tersebut diharapkan dapat membuka kesempatan seluas-luasnya dalam memaknai peralihan pola hidup secara sosial, ekonomi, dan budaya akibat pandemi yang menyejarah bagi umat manusia. Bila melihat perkembangan terkini, ada kemungkinan pandemi bakal mengarah menjadi endemi sekalipun vaksin sudah diluncurkan. Artinya masih banyak “Transisi” atau penyesuaian laku hidup yang harus dilakukan. 

Dengan melibatkan seniman-seniman muda dan beberapa senior, pameran ini akan semakin kaya tafsir dan sudut pandang. Perubahaan pola hidup yang terasa kaku, bahkan cenderung gagap ini, sudah saatnya kita terima tanpa meninggalkan sikap mawas terhadap yang telah lalu. Dan seniman memiliki indera yang tajam untuk membahasakannya melalui karya seni.

Event Rules

Tetap Jaga Protokol Kesehatan

Tetap Menjaga Kebersihan Lingkungan

Date and Time

Saturday, 13 November 2021     09:00 - 16:00 WIB

Location

Event Online via Zoom

Supported By
Kreen.id
Generic placeholder image
Kreen.id
Ticket